Jumat, 26 Juli 2013

Yanni Sang Pianis

0

 
Yanni, (terlahir Yanni Chrysomallis lahir 14 November1954; umur 57 tahun), merupakan penyanyi dan komponis berkebangsaan Yunani.
Pada umur 18 tahun, yanni masuk ke universitas Minnesota. di universitas ini, yanni bergabung menjadi seorang keyboardis di sebuah band lokal beralirankan rock bernama chameleon. setelah berhasil meraih gelar b.a. dalam bidang psikologi, yanni memilih untuk berkarir di bidang musik. padahal, yanni bukanlah seorang musisi yang belajar dari pelatihan formal dan tidak bisa membaca not balok
Pada awal tahun 80-an, yanni memutuskan untuk keluar dari band dan mencoba fokus di jalur musisi solo. setelah kepindahannya ke los angeles, yanni mendirikan band kecil yang beranggotakan charlie adams dan john tesh. dengan mengusung aliran ‘new age’ yang tidak lain adalah ‘contemporary instrumental’, yanni bersama teman2-nya mulai menciptakan album disertai dengan tur promosinya.

kerja keras dan ketekunannya ternyata membuahkan hasil. pada tahun 1993, album dare to dream yang dia luncurkan pada tahun 1992, menjadi grammy-nominated. lebih dari itu, lagu2nya juga digunakan oleh stasiun televisi dan beberapa acara olahraga televisi pada era tersebut, seperti super bowl, wide world of sports, u.s. open, tour de france, world figure skating championships, the olympics, dan abc news.
kesuksesan yanni semakin menjadi2 ketika dia menelurkan beberapa live album dan video. yanni live at the acropolis merupakan live-album pertamanya yang dia rilis pada tahun 1994. dalam album ini, digunakan orkestra penuh yang disupervisi oleh shardad rohani. konser dalam album ini, disiarkan ke seluruh amerika dan dengan cepat menjadi program televisi paling populer. selain itu, program ini juga disiarkan di 63 negara di seluruh dunia dengan jumlah penggemar mencapai lebih dari setengah milyar. kesuksesan program ini diikuti dengan terjualnya album ini sebanyak lebih dari 7 juta kopi di seluruh dunia.
pada bulan maret tahun 1997, yanni menjadi artis barat yang diizinkan menggelar konser di taj mahal, india, dan kota terlarang, cina. dari 2 konser yang dikonduktori oleh armen anassian ini, menelurkan album tribute yang dirilis pada tahun yang sama. album yang bener2 menginspirasi banyak hal.
di era tahun 2000-an, yanni kembali menelurkan album if i could tell you, yang dia garap lebih kurang 7 tahun lamanya. disusul dengan menyelenggarakan tur selama tahun 2003 sampai 2004 melalui debut ethnicity dengan filosofi ‘one world, one people’. tur ini membuahkan rangking 4 konser tur terbesar versi billboard magazine.
melihat keberhasilannya selama lebih dari 20 tahun, pada bulan mei tahun 2004, universitas Minnesota tempatnya kuliah dulu, memberikan yanni gelar doktor kehormatan, yaitu doctor of humane letter. gelar ini ternyata membuat dia terus mencoba berkarya dengan membuat ‘yanni live!’ tur selama tahun 2004 hingga 2005 di mandalay bay di las vegas, nevada. tur ini menelurkan kembali sebuah live album dan video pada tahun 2006 berjudul yanni live! the concert event.
selain kesuksesannya menelurkan album2 musik, yanni juga sukses dengan autobiografinya yang berjudul yanni in words yang dirilis pada tahun 2003. dalam autobiografinya ini, diceritakan tentang masa kecilnya di yunani, kuliahnya di Minnesota, suksesnya sebagai artis internasional dengan eksplorasinya terhadap proses kreatif bersama komposisnya, dan 9 tahun hubungannya dengan artis linda evans. biografi yang dia rilis bersamaan dengan album ethnicity-nya ini, dideklarasikan sebagai new york times bestseller.
mengenai jenis musiknya, begitu beragam. mulai dari nuansa klasik, rock, hingga etnis dari afrika dan asia, khususnya india dan cina, ada dalam setiap lagunya. dengan memadukan orkestra lengkap, lagu2 dalam album tribute, benar2 hidup dan menginspirasi siapapun yang mendengarnya. apalgi kalo liat video konsernya, benar2 menakjubkan. membuat orang pengen ngeliat lagi tanpa ada rasa bosan. penasaran…??? dengerin aja lagunya dan temukan setiap keajaiban inspirasi di dalamnya, Amazing.
 
sumber; http://blog--kitasemua.blogspot.com/2012/10/yanni-sang-maestro-pianis.html

0 tanggapan:

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungannya dalam demensi lain mank obyd

 
Design by ThemeShift | Bloggerized by Lasantha - Free Blogger Templates | Best Web Hosting